Friday, October 28, 2016

PROFIL BKB DESA KWEDEN





BAB I
PENDAHULUAN


Latar Belakang


            Dalam seluruh kehidupan manusia, masa di bawah lima tahun (balita) merupakanperiode yang sangat penting karena sangat menentukan kualitas sumber daya manusia tersebut. Pada lima tahun pertama proses tumbuh kembang berkembang sangat cepat. Masa kini sering disebut masa emas atau” Golden Age Periode”. Apablia pada masa ini balita tidak mendapatkan pengasuhan dan pendidikan yang tepat maka anak tersebut akan mengalami gangguan perkembangan emosi ,social, mental, intelektual, dan sikap serta nilai pola perilakunya dikemudian hari. Disinilah peran BKB (Bina Keluarga Balita) sangat penting untuk dilakukan.

            Bukan hanya meningkatkan peran orang tua namun BKB juga memaksimalkan pembinaan anak sedini mungkin sesuai dengan usia dan tahap perkembangan yang harus dimiliki, baik dalam aspek fisik, kecerdasan, emosional, maupun sosial, agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi anak yang mendiri dan berkualitas.
            Program BKB juga dipandang sangat strategis dan erat kaitanya dengan program KB Nasional maupun dengan program pembangunan sumber daya manusia berwawasan gender, yaitu perilaku adil yang diberikan baik pada laki-laki kepada perempuan program BKB mengupayakan peningkatan pengetahuan dan keterampilan generasi muda yang berkualitas.  
















BAB II
GAMBARAN UMUM



1.        Keadaan Wilayah
Desa Kweden terletak di kecamatan Ngetos, tepatnya ke arah timur dari pusat kecamatan Ngetos, tepatnya berjarak sekitar ±8 KM dari kota kecamatan, dengan batas wilayah :

Utara        : Desa Salam rejo
Selatan     : Desa Kebon Agung
Timur        : Desa Ngetos
Barat        : Desa Sawahan

2.        Jumlah Penduduk
Jumlah penduduk desa Kweden menurut pendataan keluarga sejahtera th 2015 sebanyak  1583 jiwa dengan rincian :

Laki- laki              : 778 Jiwa
Perempuan            : 818 Jiwa
Dengan pembagian kelompok umur sbb:

Laki-Laki
Usia 0 - 6 Tahun
100
Usia 7 - 12 Tahun
61
Usia 13 - 18 Tahun
124
Usia 19 - 25 Tahun
87
Usia 26 - 40 Tahun
198
Usia 41 - 55 Tahun
136
Usia 56 - 65 Tahun
47
Usia 65 - 75 Tahun
32
Usia > 75 Tahun
0
Jumlah Laki-Laki (Orang)
785

Perempuan
Usia 0 - 6 Tahun
97
Usia 7 - 12 Tahun
86
Usia 13 - 18 Tahun
86
Usia 19 - 25 Tahun
92
Usia 26 - 40 Tahun
201
Usia 41 - 55 Tahun
170
Usia 56 - 65 Tahun
46
Usia 65 - 75 Tahun
40
Usia > 75 Tahun
0
Jumlah Perempuan (Orang)
818



Pada dasarnya masyarakat desa Kweden becorak agraris, dengan keadaan tanah yang subur, pengairan yang baik.











BAB III

PROFIL BINA KELUARGA BALITA (SAKURA)
DESA KWEDEN, KECAMATAN NGETOS

1.    SEJARAH BERDIRINYA

Bina Keluarga Balita merupakan suatu kelompok kegiatan yang sangat berperan dalam menciptakan keluarga balita yang menetukan kualitas sumber daya manusia, sehingga keberadaan Kelompok Bina Keluarga Balita  seharusnya ada di setiap lingkungan keluarga yang mempunyai Balita.

Namun tidak demikian halnya di Desa Kweden, Kelompok yang dinamakan Bina Keluarga Balita tidak berjalan dengan semestinya. Kegiatan berjalan apabila ada kegiatan yang berskala Kecamatan atau Kabupaten seperti Tilik Desa, Lomba Desa, Penilaian 10 Program PKK dan sebagainya.

Merasakan keadaan yang memperhatinkan ini PKB bersama PPKBD Desa Kweden bertekad untuk membentuk BKB yang ada di Desa Kwedan. Akhirnya pada tanggal 22  Februari 2010 dengan dikukuhkan SK Kepala Desa Nomor : 05 Tahun 2010, terbentuklah Bina Keluarga Balita”Sakura” di Desa Kweden, yang saat berdiri waktu itu sejumlah anggota 25 orang dengan rincian kelompok umur :
0-1  Tahun = 12 Orang
2-3 Tahun = 7 Orang
4-5 Tahun = 5 Orang

2.        KEGIATAN

Dalam usianya yang masih relatif muda, BKB Sakura belum banyak berbuat. Kegiatan masih berkisar pada : penyuluhan, penyelesaian administrasi, melakukan kunjungan rumah, Penimbangan. Penyuluhan atau kegiatan kelompok dilakukan sekali dalam satu bulan, sehingga BKB “Sakura” masuk dalam Kategori dasar.

3.        HARAPAN

Dengan selalu berusaha untuk berbenah diri kelompok BKB Sakura mempunyai harapan untuk lebih maju sehingga menjadi Balita yang sehat dan berkualitas.


BAB IV

PENUTUP

Demikian Profil Kegiatan Kelompok BKB “SAKURA ”Desa Kweden Kecamatan Ngetos .Kami selalu berharap usul, saran dan kritik demi kesempurnaan Profil dan Kegiatan kelompok BKB “SAKURA”, mengingat kegiatan kelompok BKB ”SAKURA” dan Pembuatan profil kegiatan masih jauh dari sempurna.




Kweden September 2016
Kelompok BKB “Sakura”



DEWI KURUN


0 comments:

Post a Comment