Tuesday, December 3, 2013

HYPNOTERAPI DALAM PENANGANAN MASALAH SISWA


Ketika mendengar kata Hipnotis pasti terbayang acara televisi dimana orang di bongkar rahasasianya oleh sang penghipnotis atau dompet, HP melayang diberikan pada seseorang yang tidak dikenal secara tidak sadar.  Anggapan seperti itu tidak terlalu salah.  Namun perlu di luruskan, Hipnotis dalam presepsi orang biasanya untuk penipuan, kejahatan dan mempermalukan orang padahal hipnotis bisa digunakan untuk terapi mental dan menggali potensi positif. Orang yang di hipnotis sadar dan mengendalikan dirinya, hipnotis tidak bisa dilakukan apabila subyek menolak, Keberhasilan Hipnotis dtentukan oleh kerja sama antara penghipnotis dan Juru Hipnotis.

Defenisi Hipnotis
Kata Hipnotis berasal dari kata hypnos yang merupakan Nama Dewa tidur Bangsa Yunani,  perlu di ketahui bahwa kondisi Hipnotis tidak sama dengan tidur. Orang yang sedang tidur tidak menyadari kondisi disekitarnya sedangkan orang yang dalam kondisi masih bisa merespon dengan jelas dan merespon informasi yang diterimanya.  Menurut  U.S Departement of education Hipnotis didefinisikan penenembusan faktor kritis pikiran sadar diikuti dengan diterimanya suatu pemikiran atau sugesti.

Tidak ada unsur magis atau mistis dalam hipnotis. Contoh nyata fenomena hipnotis dalam kehidupan sehari-hari adalah ketika menonton Film yang sedih orang akan ikut menangis seolah-olah film itu nyata.Maknanya Setiap proses pemasukan informasi dalam pemikiran adalah hipnotis.

Cara kerja Hipnotis
Dalam ilmu hipnotis pikiran manusia di ibaratkan bawang yang berlapis-lapis, Manusia memiliki dua jenis pikiran yang bekerja simultan dan saling mempengaruhi, yaitu pikiran sadar dan pikiran bawah sadar. Ciri pikiran Sadar Pemberi keputusan penting tidaknya suatu informasi, Memori Jangka pendek, Aktif saat melakukan banyak aktivitas. Sedangkan ciri pikiran bawah sadar adalah Gudang penyimpanan Informasi, Tempat Terdapatnya nilai-nilai informasi.

Manfaat Hipnotis dalam kehidupan 
Mengilangkan Kebiassan Buruk dan menanamkan kebiasaan baik
Pengendalian Emosi dan Fobia
Memunculkan memori yang dilupakan secara sadar
Membentuk Kepribadian yang produktif  
Meningkatkan Intuisi
Mengubah keyakinan negatif  

Tahapan dasar dalam Hipnotis
Induction atau induksi adalah suatu teknik untuk membawa Subyek ke dalam Kondisi Hypnos. 

Deepening atau pendalaman adalah suatu teknik untuk memperdalam kondisi “trance” dari Subyek.Semakin dalam“trance” seseorang, maka akan semakin mudah ia menerima berbagai macam sugesti, termasuk sugesti yang mungkin“tidak masuk akal”.

Suggestion adalah sugesti atau saran yang diberikan saat Subyek sudah berada Dalam kondisi trance yang sesuai. 

Termination Tahapan pengakhiran. Subyek dikembalikan ke kondisi normal.


0 comments:

Post a Comment