A. MEDIA INTERAKSI:
Semua
jenis alat bantu yang dapat digunakan oleh orang tua/ keluarga untuk merangsang/
mendorong proses belajar anak dengan cara yang tepat.
B. SYARAT-SYARAT MEDIA INTERAKSI
- Aman :
ü Tidak terlalu kecil/terlalu besar
ü Tidak beracun
ü Tidak ada bagian yang tajam
ü Tidak mudah pecah
ü Bersih
- Awet
ü Mudah diperbaiki
ü Mudah pemeliharaannya
- Memiliki warna dan ukuran menarik
- Dapat dimainkan dalam beberapa macam permainan
- Mengembangkan berbagai aspek perkembangan anak
C. MANFAAT MEDIA INTERAKSI
- Dapat langsung mempengaruhi panca indra dan otot-otot badan serta gerakan anak.
- Memberi kebebasan dan kesempatan untuk mendapat pengalaman-pengalaman baru dari apa yang dialami maupun dilihat
- Mengakrabkan hubungan ortu/keluarga dengan anak.
D. JENIS MEDIA INTERAKSI
- Dongeng dan cerita
- Musik dan lagu
- Kegiatan bermain dan alat permainan
1.1.
DONGENG DAN CERITA
1)
Pilih dongeng yg sesuai dengan daya tangkap & usia
anak
2) Mengandung pesan positif utk menanamkan kehidupan
beragama, rasa sopan santun, pengenalan baik buruk, memperluas pengetahuan.
3)
Pilih waktu yang tepat untuk mendongeng.
4)
Gunakan alat bantu sederhana.
5)
Mendongeng/berceritera dengan rasa kasih, intonasi
& mimik suara yang sesuai dgn dongeng/ceritera utk menghidupkan cerita.
1.2.
PEDOMAN
MEMILIH DONGENG DAN CERITA
1) Tidak terlalu panjang, tidak rumit
atau sulit dipahami
2) Mengandung pesan positif (sopan
santun, baik-buruk, dll).
3) Mendongeng/ bercerita pada waktu yang
tepat
4) Menggunakan alat bantu sederhana sesui
isi cerita
5) Menggunakan nada suara, mimik muka
yang sesuai dengan cerita.
2.1 MUSIK-LAGU/ NYANYIAN DAN GERAK
1)
Manfaatkan lagu dan
nyanyian.
Ø Anak menjadi senang.
Ø Mendekatkan hubungan ortu & anak.
Ø Memperkenalkan pengertian baru.
2)
Makna Nyanyian.
Ø
Anak dapat mengemb. dirinya
melalui ungkapan pribadi.
Ø
Meningkatkan Daya imajinasi.
Ø
Mengembangkan Rasa sosial.
Ø
Mengeluarkan emosi
2.2
PEDOMAN MEMILIH LAGU
1)
KATA2NYA SEDERHANA DAN SESUAI DENGAN UMUR ANAK
2)
MENGANDUNG ISI PESAN YANG JELAS DAN SESUAI ANAK
3)
ADA UNSUR MENGHIBUR
4)
SYAIR DAN IRAMA DAPAT DIGUNAKAN UNTUK :
Ø BERMAIN
Ø BERGAUL
Ø KERJASAMA
E. KEGIATAN BERMAIN/ PERMAINAN
1. Bermain bermanfaat untuk :
1) Mendapat pengalaman-pengalaman yg berguna/ sumber balajar.
2) Mengenal & menjajaki lingkungannya.
3) Menguatkan anggota badan anak.
4) Mendorong anak menjadi kreatif
5) Mengembangkan kepribadian yg baik.
6) Mengenal dirinya dgn baik.
7) menyalurkan keinginan & kebutuhan Anak.
8) Mengakrabkan ortu & Anak.
2. Pedoman
Bermain
1) Permainan
harus sesuai dengan umur anak
2) Dilaksnakan
pada waktu yang tepat
3) Orang tua
memahami cara bermain dan tujunnya
4) Orang tua
memberikan kesempatan kepada anak untuk bermain sendiri
5) Harus
disukai anak, dan anak mampu menggunakan/ melakukan
6) Orang tua
selalu memberikan pujian/ dorongan
7) Orang tua
selalu mengajak anak membereskan alat permainan bila sudah selesai.
F. JENIS-JENIS BERMAIN PADA ANAK BALITA
- Bermain banyak gerak (aktif) seperti lari, lompat, menendang bola, lompat karet dll.
2. Bermain pasif : Menggunakan tenaga dan suasana bermain lebih tenang
& santai seperti : bermain bikel, papan bongkar pasang dll.
G. ALAT PERMAINAN EDUKATIF
1. JENIS MAINAN/ APE :0-1
TH
1) Benda-benda
yang menarik, warna-warni & berbagai bentuk à merangsang mata & gerak mata untuk membedakan
benda
2) Gambar
à terutama gambar wajah orang à merangsang mata & gerak mata serta mengenal
hubungan dg orang.
3) Benda-benda
yg lunak anti pecah, bersih,aman
4) Kaleng
bekas, plastik tidak tajamà
melatih pendengaran & membedakan suara-suara.
2. JENIS MAINAN/ APE
ANAK 1-2 TH
1) Benda yang bisa ditarik à melatih berdiri, berjalan
& merangsang pengertian sebab akibat
2) Bola berbagai ukuran à melatih gerakan menendang ,
mengejar, membawa benda.
3) Kotak, tempat dr plastikà merangsang rasa ingin tahu
, kerjasama mata & tangan
4) Mainan/ alat/ benda yg digunakan sambil mandià merangsang pengertian
perbedaan perbendaharaan kata, rasa ingin tahu.
5) Buku-buku bergambar, majalah bekas, benda berbunyi
jika dirobek à merangsang pengertian kerjasama mata, tangan ,
gerakan halus
6) Alat tulis atau alat coret mencoret à merangsang gerakan halus, kecerdasan.
3. APE anak 2-3 tahun
1) Bahan
& Alat tulis menulis/ alat coret mencoret à mengembangkan kecerdasan berbicara , kreativitas
2) Keping-keping
untuk dicontohkan (gambar, daun-daunan), kancing warna-warni.à merangsang berfikir, gerakan mata & tangan, daya
mengelompokkan.
3) Kapal-kapalan,
mobil-mobilan dll à
merangsang daya khayal & main pura-pura.
4) Bahan-bahan
untuk menganyam (batang padi, daun kelapa dll)à meningkatkan daya pikir & koordinasi gerakan.
4. APE anak 3-6 tahun
1) Kertas
untuk membuat macam-macam mainan yg dilipat, digunting, direkat, diikat dll à merangsang ketrampilan jari-jari, kreativitas.
2) Benda-benda
untuk menghitung, menambah, mengurangi, membagi dll à merangsang kecerdasan, ingatan dll
3) Kotak
atau kantong pintar (benda-benda yg dikenal anak sehari-hari) à merangsang daya ingat, perhatian, daya membedakan dll
4) Boneka
à
merangsang daya khayal, keinginan bergaul.
5) Ayunan,
papan jungkat-jungkit à
kebebasan bergerak, rasa keseimbangan, koordinasi gerak.
(Disarikan Materi Pelatihan badan PPKB Kabupaten Nganjuk)
0 comments:
Post a Comment